Syiar

Inilah Amalan Ketika Hujan Turun Yang Harus Di Lakukan

Doa ketika hujan turun

Kanalislam.com – Turunnya hujan adalah rahmat yang diberikan oleh Allah. Tanpa adanya hujan sawah akan kering, tanah akan tandus dan manusia akan kekurangan air. Tetapi hujan juga dapat mengakibatkan bencana seperti banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya.

Untuk itu sebagai orang yang beriman marilah senantiasa melakukan amalan ketika hujan agar hujan yang turun senantiasa memberikan rahmat bukan bencana. Berikut ini beberapa amalan ketika hujan yang bisa dilakukan.

1. Muncul rasa takut ketika mendung
Rasulullah pernah bersabda untuk merasa takut ketika mendung, karena dikhawatirkan akan terjadi azab dan kemurkaan Allah.

2. Membaca doa ketika hujan
Sebagai umat muslim marilah senantiasa membaca doa ketika hujan saat hujan turun, agar hujan yang turun menjadi rahmat dan berkah bagi semuanya. Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, “Allahumma shoyyiban nafi’an” (Ya Allah turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat). (HR. Bukhari no.1032, Ahmad no.24190, dan An Nasai no.1523)

3. Turunnya hujan kesempatan baik untuk memanjatkan do’a
Marilah senantiasa memanjatkan do’a di kala hujan turun karena waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa adalah saat turun hujan, bertemunya dua pasukan, menjelang shalat dilaksanakan.

4. Doa ketika terjadi hujan lebat
Berdo’a saat hujan lebat dianjurkan oleh Rasullullah SAW agar senantiasa dilindungi dari bencana. Agar hujan yang turun tidak menimbulkan kerusakan pada bumi.

5. Berdo’a ketika terjadi angin kencang
Dianjurkan bagi seorang muslim untuk membaca doa ketika terjadi angin yang sangat kencang. Doa yang dibaca adalah sebagai berikut : “Allahumma inni as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bihi, wa a’udzu bika min syarriha wa syarri ma fiiha ma ursilat bihi.

6. Berwudhu dengan air hujan
Sebagai umat muslim dianjurkan untuk berwudhu dengan air hujan karena air hujan adalah air yang sudah disucikan oleh Allah secara langsung.

Mulai saat ini saat terjadi hujan sebaiknya melakukan amalan ketika hujan tersebut, karena hujan adalah rahmat dan berkah bagi alam semesta. Jangan sampai hujan menjadi bencana dan petaka bagi alam semesta.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 4 =

Terpopuler

To Top
%d blogger menyukai ini: