Berita

Alhamdulillah, Nasabah Bank Syariah Capai 22 Juta Orang

Bank Syariah Capai 22 Juta Nasabah

Kanalislam.com – Perbankan syariah terus menggenjot menambah nasabah. Berbagai cara dilakukan di antaranya dengan memberikan edukasi tentang produk perbankan syariah.

Tribuana Tunggadewi, Senior Executive Vice President
Risiko dan Komunikasi Bank BNI Syariah, mengatakan kegiatan bank syariah sama seperti bank konvensional. Prinsipnya sama, hanya ada perbedaan sedikit tapi cukup mendasar.

Satu di antara perbedaan mendasar antara bank konvensional dan bank syariah adalah di perbankan syariah tidak mengenal bunga bank yang oleh beberapa kalangan dianggap riba. Tabungan yang dimiliki nasabah akan disalurkan ke pembiayaan lalu ada sistem bagi hasil. Sementara pada pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) sistemnya jual beli tapi tidak ada bunga hanya margin.

Untuk menaikkan jumlah nasabah. BNI Syariah akan bersinergi dengan BNI untuk sama-sama menggarap nasabah potensial. Caranya dengan masuk ke RS Islam, menyelenggarakan pameran wisata halal, dan universitas Islam. Ia memberikan contoh beberapa waktu lalu menyelenggarakan wisata halal ke Padang (Sumatera Barat).

Selain itu produk yang disediakan juga menuju digital. Seperti wakaf hasanah, berwakaf bisa pakai telepon genggam dan bisa melakukan pembayaran tol dan kereta. Di jam-jam tertentu diberikan diskon 20 persen misalnya untuk membeli minuman.

Saat ini Bank Syariah Mandiri memiliki 6 juta rekening dan terus meningkat. Program yang ditawarkan untuk KPR, misalnya, menawarkan griya hijrah dari bank konvensional Bank Syariah Mandiri dan tanpa bebas biaya dengan cicilan yang lebih murah daripada bank sebelumnya. Ada pula produk cicilan emas. Diharapkan nasabah bisa mau berinvestasl sekecll apapun nilainya. Selain produk juga dilakukan kampanye dan edukasi serta kerjasama dengan plhak lain, seperti dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Kerja sama ini untuk menarik perusahaan rintisan (startup) mau bekerja sama dengam perbankan syariah. Perusahaan rintisan binaan Bekraf diajak kerja sama perbankan syariah. OJK menyatakan saat ini total nasabah perbankan syariah mencapai 22 juta orang. Walaupun diakui di beberapa daerah di Indonesia kesulitan mencari nasabah. namun secara nasional jumlah nasabah tumbuh secara signifikan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 1

Terpopuler

To Top
%d blogger menyukai ini: