Islam Menjawab

Benarkah Islam Yang Memulai Adanya Poligami?

Poligami

Kanalislam.com – Akhir-akhir ini banyak diperbincangan masalah poligami di Indonesia. Apakah poligami ada sebelum Islam ataukah Islam yang memulai adanya poligami?

Poligami itu sudah ada sejak sebelum Islam datang dibawa oleh Rasulullah, terbukti banyak orang arab yang mempunyai istri banyak lebih dari empat orang bahkan hingga 10 orang, kemudian Islam datang memberikan aturan batasan maksimal poligami, yakni sampai empat istri.

Sedangkan ketentuan itu berlaku untuk semua kaum muslimin kecuali Rasulullah. Sebagaimana sabda Rasulullah kepada para sahabat yang mempunyai istri lebih dari empat: “Peganglah (pertahankan) dan ceraikan seluruhnya (selebihnya).”

Jadi itu merupakan bukti bahwa sebelum ada perintah tersebut diatas sudah ada yang berpoligami dan jumlahnya lebih dari empat. Kemudian orang-orang yang tidak mengerti menuduh bahwa Islam datang malah membatasi dari jumlah yang tidak terbatas. Selain itu mereka juga menuduh, bahwa sabda Nabi yang berbunyi: “Peganglah (pertahankanlah) empat orang dan ceraikan keseluruhnya (selebihnya).”

Adalah mengharamkan istri-istri (yang lebih dari empat). Padahal perkawinan mereka sah dan berjalan dengan baik. Di mana istri-istri yang diceraikan itu boleh dikawini oleh orang lain dan tidak ada halangan bagi mereka untuk kawin lagi. Sedangkan waktu ditentukan sya’riat pembatasan sampai empat itu Rasulullah SAW sudah mempunyai istri sembilan.

Lalu istri-istri beliau itu ditetapkan sebagai ibu-ibu kaum muslimin. Maka dari itu, diharamkan bagi kaum muslimin mengawini ibunya sendiri. Apalagi istri-istrinya itu adalah salah satu yang diceraikan, maka orang lain tidak boleh mengawininya. Oleh sebab itu Rasulullah SAW mempertahankan dan beliau dilarang untuk menceraikannya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 2 =

Terpopuler

To Top
%d blogger menyukai ini: