Syiar

Ingin Memiliki Anak Yang Bisa Hapal Al-Quran? Inilah Cara Mendidiknya

Anak agar hapal alquran

Kanalislam.com – Anak adalah sebuah anugerah bagi orang tua, anak bisa menjadi sumber kebahagiaan, sumber cinta, sumber kekuatan bagi orang tua. Betapa bangganya ketika orang tua memiliki anak seorang hafiz Qur’an yakni yang bisa menghapal Al-Quran seperti Maysita umur 9 tahun sudah hapal 17 juz.

Orang tua mencari cara mendidik anak menjadi seorang hafiz/hafizah Qur’an agar ia dapat membahagiakan orang tua di dunia maupun di akhirat. Adapun cara mendidik anak menjadi seorang hafiz Qur’an adalah sebagai berikut.

Memberi makan anak dengan harta yang halal
Sesuatu yang diawali dengan halal akan memberikan berkah. Apalagi dengan memberikan makanan kepada anak menggunakan harta yang halal, karena segala sesuatu diawali dengan apa yang masuk ke tubuh terlebih dahulu. Berilah anak menggunakan harta yang halal agar anak tumbuh menjadi anak yang shaleh.

Mengenalkan Al-Qur’an sejak dini kepada anak
Dengan membacakan ayat-ayat suci Al-Qur’an kepada anak sejak masih di dalam kandungan itu merupakan cara mendidik anak menjadi seorang hafiz Qur’an. Karena anak akan terbiasa ketika ia sudah mulai mendengarkan Al-Qur’an.

Jadilah contoh bagi anak
Bukan hanya anak saja yang harus menghafalkan Al-Qur’an tetapi orang tua juga harus mencontohkan membaca Al-Qur’an setiap saat agar anak termotivasi serta terbiasa.

Menggunakan metode yang unik
Agar anak mudah untuk menghafalkan Al-Qur’an peran anda sebagai orang tua adalah mencari metode yang unik untuk mudah menghafalkan Al-Qur’an. Seperti dengan bernyanyi, permainan, atau menggunakan Al-Qur,an yang memiliki gambar menarik. Hal ini dapat di jadikan sebagai cara mendidik anak menjadi seorang hafiz Qur’an

Memberikan penghargaan setiap kali anak menghafalkan
Salah satu cara yang efektif adalah memberikan penghargaan kepada anak. Karena anak akan lebih termotivasi ketika ia dituntut dengan sesuatu tetapi ia diberikan penghargaan yang tinggi.

Konsisten
Ketika anak sudah mulai menghafal peran orang tua haruslah konsisten mengajarkan anak menghafalkan Al-Qur’an. Jangan sampai saat anak malas menghafal kemudian orang tua juga ikut malas mengajarkan.

Anda bisa mencoba cara mendidik anak menjadi seorang hafiz Quran di atas. Semoga apa yang di cita-citakan memiliki anak penghafal Al-Qur’an dapat terwujud. Amin

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 6 = 2

Terpopuler

To Top
%d blogger menyukai ini: