Syiar

Yakin Haji Anda Mabrur? Kenali Dulu Ini

Haji Mabrur

Kanalislam.com – Haji merupakan rukun islam yang kelima yang wajib dilakukan bagi mereka yang mampu. Hal ini karena biaya untuk pergi haji sangatlah mahal sehingga tidak semua orang bisa melakukan rukun Islam yang kelima ini. Kebahagiaan yang dirasakan jamaah haji yaitu ketika mampu melaksanakan kewajiban dan rukun haji serta dapat berangkat dan pulang berkumpul dengan sanak saudara dengan selamat.

Seseorang dikatakan sebagai haji mabrur bukan hanya ia yang mampu melaksanakan amalan haji dengan baik namun hal ini juga berkaitan dengan amalan yang dilakukan setelah ia menunaikan ibadah haji. Lalu apa hubungannya kualitas kemabruran haji dengan amalan setelah melaksanakan ibadah haji?

Sebenarnya kualitas kemabruran haji diukur dengan bagaimana cara menjaga amalan yang dilakukan setelah haji. Ketika seseorang yang sudah melakukan ibadah haji kemudian setelah ia pulang ia menjadi seseorang yang lebih dekat kepada Allah serta beramal soleh maka ia dapat dikategorikan sebagai haji yang mabrur. Kualitas kemabruran haji dapat dilihat dengan hal berikut ini.

1. Tetap memelihara niat yang baik untuk menjalani kehidupan.
Niat yang baik untuk tetap menjalani hidup sama saja dengan niat berhaji kepada Allah.
2. Tetap menjaga diri dari ketakwaan serta ketegaran.
Hal ini sama saja dengan yang di lakukan saat melakukan sa’i. Ketakwaan dan ketegaran dilambangkan dengan pilar-pilar yang di lewati saat ber-sa’i yaitu dimulai dari Shafa ke Marwah.
3. Tetap dalam lingkaran tauhid dalam menjalankan kehidupan.
Maksudnya adalah tetap menjunjung hukum yang ditetapkan oleh Allah saat menjalankan kehidupan setelah berhaji. Hal ini bisa dilakukan dengan tetap berkumpul dan belajar menjadi orang-orang yang lebih soleh lagi.
4. Selalu menjauhkan diri dari hal yang buruk
Ketika seseorang yang telah melaksanakan ibadah haji dapat di katakan memiliki kualitas kemabruran haji ketika ia mampu menahan diri dari hal-hal duniawi yang bersifat buruk dan menyesatkan.
5. Lebih zuhud kepada Allah
6. Lebih suka memberi atau sering melakukan sodaqoh amal jariah

Semoga anda yang telah melaksanakan haji memiliki ciri-ciri kualitas kemabruran haji serta dapat menjaga kemabruran hajinya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

78 − = 77

Terpopuler

To Top
%d blogger menyukai ini: