Renungan

Mau Bahagia Di Dunia? Inilah 7 Indikator Menurut Ibnu Abbas

Indikator Kebahagian Di Dunia Menurut Ibnu Abbas

Kanalislam.com – Ibnu Abbas adalah salah satu sahabat Rasulullah SAW yang selalu menyertai baginda Rasulullah. Ibnu Abbas sudah terkenal di kalangan musafir sebagai yang terunggul. Sejak umur 9 tahun beliau sudah hafal Al-Qur’an dan menjadi imam masjid. Menurut Ibnu Abbas ada 7 indikator kebahagiaan dunia.

1. Hati yang selalu bersyukur
Seseorang yang memiliki jiwa yang selalu bersyukur selama hidupnya ia akan merasakan kebahagiaan, karena apapun yang diberikan Allah baik itu sedih ataupun senang tetap dinikmati dan disyukuri. Memiliki jiwa bersyukur juga menenangkan hati, pasalnya hati tidak memiliki ambisi yang berlebihan sehingga tidak mudah stres. Maka berbahagialah jika anda termasuk orang yang pandai bersyukur.

2. Pasangan hidup yang sholeh
Memiliki pasangan hidup yang sholeh adalah suatu kebahagiaan di dunia maupun kebahagiaan di akhirat. Karena memiliki pasangan hidup kelak nanti di akhirat akan dimintai pertanggungjawaban. Memiliki pasangan sholeh juga termasuk indikator kebahagiaan dunia karena pasangan yang sholeh akan menciptakan rumah tangga yang damai, tentram, dan bahagia. Berbahagialah Anda jika anda memiliki pasangan yang sholeh.

3. Anak yang sholeh
Kebahagiaan di dunia salah satunya adalah memiliki anak yang sholeh, karena apa kebahagiaan orang tua adalah ketika anaknya mampu mendoakan dirinya saat ia sudah tiada. Anak sholeh juga akan selalu menjaga, menghormati, menghargai orang tua. Karena itu berbahagialah anda jika Anda memiliki anak yang sholeh.

4. Lingkungan yang kondusif untuk iman
Memiliki lingkungan yang baik akan berpengaruh pula terhadap diri. Jika Anda tinggal di lingkungan yang islami anda pula akan menjadi islami dan jika anda berada pada lingkungan kotor niscaya anda juga akan terkena kotorannya.

5. Harta yang halal
Memiliki harta yang halal adalah indikator kebahagiaan dunia, karena kebanggaan dapat menafkahi anak dan istri dengan menggunakan harta yang halal.

6. Semangat untuk memahami agama
Agama selalu memberikan ketenangan jiwa, kebahagiaan akan tumbuh saat Anda memiliki semangat memahami agama.

7. Umur yang barokah
Memiliki umur panjang adalah dambaan setiap manusia, apalagi jika umur yang dimiliki barokah tentu hal ini merupakan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Perbanyaklah berbuat baik dan memanfaatkan diri di jalan kebaikan. Karena indikator kebahagiaan dapat diukur dengan apa yang diperbuat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 6 = 3

Terpopuler

To Top
%d blogger menyukai ini: