Syiar

Keutamaan Di Bulan Muharram Yang Perlu Anda Ketahui

Keutamaan Bulan Muharram

Kanalislam.com – Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram mulia.”(QS.at-Taubah; 36)

Bulan Muharram atau yang dikenal dengan nama bulan suro adalah bulan yang sangat agung. Dia adalah bulan pertama dalam kalender Islam, termasuk bulan-bulan mulia. Dari Abu Bakroh dari Nabi bahwasanya beliau bersabda: “Satu tahun itu dua belas bulan. Diantaranya ada empat bulan harom. Tiga bulan berturut-turut; Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharrom. Satunya lagi adalah bulan Rajab yang terleletak antara bulan Jumada Tsani dan Sya ‘ban (al-Hadits).

Hasan al-Bashri mengatakan: “Sesungguhnya Allah membuka awal tahun dengan bulan harom, dan menutup akhir tahun dengan bulan harom pula. Tidak ada bulan yang lebih agung di sisi Allah setelah Ramadhan dibandingkan bulan Muharram

Keagungan bulan ini bertambah mulia dengan penyandaran bulan ini kepada Allah. Menyebutkan bulan Muharram dengan nama Syahrulloh (bulan Allah). Rasulullah SAW bersabda: “Puasa yang paling afdhal (utama) setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada Syahrulloh al-Muharrom”.

Sebagai umat muslim, maka sudah seharusnya kita memahami keutamaan dan kemuliaan bulan Muharram serta melaksanakan amalan-amalan sunah yang ada di bulan Muharram. Di antara amalan yang bisa  dilakukan adalah :

  1. Bertaubat kepada Allah

Wahai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuha (semumi-murninya)“. (Q.S. at-Tahrim :8). Sebagai makhluk yang tidak luput dari dosa dan kesalahan maka bertaubat merupkan jalan yang terbaik bagi seorarng muslim.

Bertaubat adalah kembalinya seorang kepada Allah SWT dari perkara yang Allah tidak ridhoi secara lahir dan batin menuju kepada perkara yang diridhoi. Menyesali atas dosa yang telah lalu, meninggalkan perkara yang bertentangan dengan syari’at agama dan bertekad untuk tidak mengularginya kembali.

  1. Puasa Sunah

Rasulullah SAW bcrsabda: “Puasa yang paling afdhal setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Alloh al-Muharrom“. Hadits tersebut sangat jelas sekali bahwa puasa sunnah yang paling afdhal setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram. Maksud puasa di sini adalah puasa secara mutlak. Memperbanyak puasa sunnah pada bulan ini, utamanya ketika hari A’syuro.

Selain puasa asyura, Rasulullah memerintahkan untuk berpuasa tanggal sembilan Muharram untuk membedakan diri dengan orang Yahudi yang hanya melaksanakan puasa tanggal sepuluh Muharram. Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata: “Pada saat Rasulullah SAW melaksanakan shaum Asyura dan memerintah para sahabat untuk melaksanakannya, mereka berkata, “Wahai Rasulullah hari tersebut (asyura) adalah hari yang diagung-agungkan oleh kaum Yahudi dan Nashrani“.

Maka Rasulullah bersabda, “Insya Allah jika sampai tahun yang akan datang aku akan shaum pada hari kesembilartnya “. Ibnu Abbas berkata, “Rasulullah meninggal sebelum sampai tahun berikutnya” (HR Muslim)

  1. Memperbanyak Amalan Shalih

Sebagaimana perbuatan dosa pada bulan ini akan dibalas dengan dosa yang besar maka begitu pula perbuatan baik. Bagi yang beramal saleh pada bulan ini, seperti : menyantuni anak yatim, fakir, miskin, ia akan menuai pahala yang besar sebagai kasih sayang dan kemurahan Allah SWT kepada para hamba-Nya.

Ini adalah keutamaan yang besar, kebaikan yang banyak tidak bisa dikiaskan. Sesungguhnya Allah adalah pemberi nikmat, pemberi keutamaan sesuai kehendak-Nya dan kepada siapa saja yang dikehendaki. Tidak ada yang dapat menentang hukum-Nya dan tidak ada yang dapat menolak keutamaan-Nya.

Demikianlah amalan-amalan yang bisa kita lakukan pada bulan Muharram dan masih banyak amalan-amalan yang bisa kita lakukan. yang belum dijelaskan. Semoga Allah mengampuni setiap kesalahan-kesalahan kita dan meridhoi setiap langkah kebaikan yang kita lakukan. Wallahua’lam.

(Buletin Arrisalah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 18 = 21

Terpopuler

To Top
%d blogger menyukai ini: