Berita

Masjid Kalijodo Berkonsep Betawi Diresmikan

Masjid Almubarokah Kalijodo

Kanalislam.com – Masjld Al-Mubarokah yang berdiri tidak jauh darl RPTRA-RTH Kalijodo sedianya diresmikan Gubernur DK1 Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, pada hari selasa (3/10) pukul 17.00. Sejauh ini proses pembangunan sudah selesai dan siap diresmikan.

Konsep bangunan Masjid Al Mubarokah mengusung gaya Betawi. Ruang aula hingga pelataran di lantai atas mengusung gaya Betawi. Lahan yang kini terbangun Masjid Al-Mubarokah adalah aset Dinas Kehutanan Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta.

Seluruh persiapan jelang peresmian sudah matang. Rerumputan yang ditanam di sekitar Masjid Al Mubarokah semakln mempercantik pemandangan. Detail masjid termasuk jaringan listrik dan air bersih pun sudah siap. Marka jalan atau petunjuk bagi warga maupun pengunjung RPTRA-RTH Kalijodo yang akan ke Masjid Al Mubarokah, sudah terpasang. Ke depannya, pada tahun 2018 dibangun Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) sebagai akses warga menuju Masjid Mubarokah.

Selain meresmikan Masjid Al Mubarokah, Djarot juga akan mengukuhkan Pengurus Masjid Al Mubarokah. Pengurus Masjid Al Mubarokah telah dibentuk oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) beberapa hari lalu. Ustaz Buchori terpilih sebagai Ketua Pengurus Masjid Al Mubarokah. Dia merupakan salah satu pengurus masjid sebelum masjid lama dibongkar.

Masjid Al Mubarokah yang dibangun tahun 1947 itu memiliki banyak sejarah. Konsep pembangunan Masjid Al Mubarokah mengusung budaya Betawi. Sejumlah pernak-pernik bangunan khas Betawi ditonjolkan di bangunan masjid ini. Di antaranya lampu gantung, ukiran kayu, hingga atap masjid yang tak menggunakan kubah, melainkan hanya menggunakan genting berwarna merah bata. (WK)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 6 = 3

Terpopuler

To Top
%d blogger menyukai ini: