Syiar

Mitos Seputar Kehamilan Yang Bukan Dari Islam

Mitos kehamilan

Kanalislam.com – Masyarakat Indonesia terutama yang hidup di pedesaan masih memegang teguh ujaran lisan yang diwariskan secara turun temurun. Terkadang ajaran yang tak tertulis ini masih dipercaya di kalangan tertentu dan jaman yang sudah modern. Lahirnya mitos ini ditenggarai karena pengaruh nenek moyang yang bukan dari ajaran Islam. Apa sajakah mitos yang masih dipercaya ini?

❌ Ngidam tidak dipenuhi.
Diyakini bahwa bila ngidam wanita hamil tidak dipenuhi, anaknya nanti akan berliur (Jawa: ngileran). Ini hanya mitos belaka. Tidak sepantasnya dipercaya.

❌ Acara tujuh bulanan.
Acara tujuh bulanan (Jawa: mitoni) bagi wanita hamil masih terpelihara di sebagian daerah. Dengan tujuan agar bayi nantinya hidup sehat, selamat sampai lahir. Jelas ini tidak ada ajarannya dalam Islam.

❌ Suami dari wanita hamil dilarang membunuh hewan.
Dengan keyakinan itu akan membahayakan bayi. Itu tidak ada asalnya dari Islam.

❌ Ucapan ‘amit-amit jabang bayi’.
Kalimat ini diucapkan ibu hamil jika melihat sesuatu yg buruk. Dengan keyakinan bahwa jika ia mengucapkan ‘amit-amit jabang bayi’, maka hal buruk itu tidak akan dialami bayinya. Ini juga tidak ada asalnya dari Islam.

❌ Ibu hamil membaca al-Qur’an surat Yusuf dan Maryam.
Diharapkan bila yg lahir anak laki-laki, ia akan tampan seperti Nabi Yusuf ‘alayhissalam. Dan surat Maryam dibaca dengan harapan bila yg lahir anak perempuan, ia akan cantik seperti Maryam. Jelas ini tidak pernah diajarkan oleh Rasulullah ﷺ dan para sahabat.

❌ Kokok ayam di tengah malam isyarat ada wanita yg hamil di luar nikah.
Keyakinan ini tidaklah benar karena tidak berlandaskan dalil.

❌ Wanita hamil harus membawa gunting.
Hal itu dianggap benteng untuk menolak bala dan musibah. Ini jelas kesyirikan!

❌ Membuat tempat khusus untuk ari-ari.
Bahkan diberi lampu selama beberapa hari. Ini tidak ada perintahnya dalam Islam. Ari-ari bisa dibuang saja.

❌ Ari-ari adalah saudara kembar bayi.
Karena itu, perlu diberi perlakuan khusus dengan mengadakan upacara tertentu ketika memendamnya. Kepercayaan ini tidak ada landasannya dalam Islam.

❌ Keberatan nama.
Jika bayi sering sakit, itu dianggap bahwa bayi tersebut keberatan nama sehingga perlu ganti nama. Ini mitos yang sama sekali bukan berasal dari Islam.

Itulah sebagian pemikiran menyimpang yang sering diyakini oleh wanita hamil. Hal ini hendaknya segera ditingggalkan. Allahu A’lam.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 2 =

Terpopuler

To Top
%d blogger menyukai ini: