Renungan

Mudah Emosi? Inilah Cara Meredamnya

Cara meredam emosi

Kanalislam.com – Emosi merupakan hal yang sering terjadi pada setiap orang. Rasa emosi tumbuh dari rasa marah, kesal, dan masih banyak lainnya yang membuat hati terasa berat dan ingin berteriak. Emosi adalah hal yang buruk yang dimiliki manusia.

Dari pada emosi lebih baik bersabar, namun bersabar juga sulit untuk dilakukan. Jangan Anda buang-buang tenaga karena emosi, inilah yang perlu diketahui yaitu cara meredam emosi. Karena agama menganjurkan untuk meredam emosi.

Menurut medis emosi memiliki pengaruh yang buruk bagi tubuh. Karena saat sedang emosi tubuh akan mengeluarkan hormon stres seperti adrenalin dan kortisol. Saat marah atau emosi jantung akan berdebar sangat kencang dan tubuh juga terasa panas. Jika Anda sedang mengalaminya Anda perlu melakukan cara meredam emosi. Menurut Islam adapun cara meredam emosi yaitu:

1. Membaca ta’awwudz
Membaca ta’awudz merupakan cara meredamkan amarah yang baik karena Rasulullah bersabda, “ada kalimat kalau diucapkan niscaya akan hilang kemarahan seseorang, yaitu A’udzu billahi minassyaitaanir rajim (aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk).” (HR. Bukhari Muslim). Jadi ketika Anda marah lebih baik membaca ta’awwudz.

2. Berwudhu
Berwudhu selain membasahi badan juga membasahi hati. Rasulullah pernah bersabda “kemarahan itu dari setan, sedangkan setan tercipta dari api, api hanya bisa padam dengan air, maka kalau kalian marah berwudhulah” (HR. Abu Dawud). Tidak hanya dapat merendamkan marah, berwudhu juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

3. Duduk
Jika anda sedang marah lebih baik anda mengubah posisi Anda. Jika Anda marah sedang berdiri maka duduklah. Karena dengan duduk merupakan cara meredamkan emosi.

4. Diam
Ketika Anda sedang marah lebih baik diam, karena dengan diam dapat meredamkan amarah. Sebuah hadits mengatakan “ajarilah (orang lain), mudahkanlah, kalau kalian marah maka diamlah” (HR. Ahmad) hadits ini cukup untuk mengajarkan bagaimana cara meredam emosi.

5. Bersujud
Maksud dari bersujud yaitu dengan melakukan solat 2 rakaat. Dengan bersujud dapat meredamkan marah yang sedang meluap-luap karena dengan bersujud artinya anda mendekatkan diri kepada Allah.
Jika Anda marah maka membaca ta’awwudz, jika masih marah maka duduk, jika masih marah juga maka diam, jika dengan diam masih marah maka dengan berwudhu dan jika berwudhu masih marah maka shalatlah 2 rakaat. Hal ini perlu Anda coba karena ini merupakan cara meredam emosi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 1

Terpopuler

To Top
%d blogger menyukai ini: