Renungan

Bagaimana Cara Tafakur Terhadap Kekuasaan Allah

Jokowi Berlibur Atau Tafakur?

Kanalislam.com – Tafakur adalah memahami, memikirkan secara mendalam tanda-tanda kekuasan Allah dengan melalui Al-Qur’an. Tanda-tanda kekuasaan Allah di langit, di bumi dan di sekelilingnya inilah yang akan dipahami oleh manusia. Adapun metode untuk memahami dan membiasakan tafakur sebagai berikut.

1. Tafakur ayat-ayat Allah
Mengkaji, memahami memikirkan tanda-tanda kekuasaan Allah melalui ayat-ayat Al-Qur’an merupakan cara bertafakur yang paling benar. Karena Al-Qur’an adalah firman Allah yang tidak pernah tergerus oleh perkembangan zaman. Dalam Al-Qur’an sudah dijelaskan bagaimana terbentuknya langit dan bumi serta tentang penciptaan manusia yang baru-baru ini ditemukan oleh manusia. Padahal sudah sejak zaman dahulu hal ini sudah di tuliskan dalam Al-Quran, subhanallah.

2. Tafakur sesuai ahlinya
Cara memahami dan membiasakan tafakur juga harus di sesuaikan dengan ahlinya. Seorang dokter ahli jantung ia harus bertafakur pada keahliannya karena jika ia senantiasa bertafakur maka ia akan mendapatkan ilmu baru pada keahliannya serta menjadikannya semakin ahli dan bermanfaat bagi banyak orang. Jadi tafakur adalah cara mengarahkan pikiran untuk menemukan ilmu.

3. Buah dari tafakur
Orang yang melaksanakan tafakur dengan benar maka ia akan memperoleh manfaat yang luar biasa karena ia akan menemukan ilmu baru yang belum pernah didapatkannya.

Buah dari keyakinan kepada Allah akan menumbuhkan ketenangan pada jiwa. Buah dari keyakinan kepada Allah akan menumbuhkan rasa cinta yang semakin besar kepada-Nya. Buah keyakinan kepada Allah akan menumbuhkan rasa takut kepada Allah. Buah keyakinan kepada Allah akan menumbuhkan rasa malu kepada Allah karena akan merasa bahwa ada yang selalu mengamati apapun yang dilakukan.

Tafakur itu memiliki manfaat yang luar biasa bagi diri sendiri maupun orang lain. Memahami dan membiasakan diri tafakur merupakan hal yang wajib agar senantiasa selalu bersyukur atas kebesaran Allah SWT. Untuk itu marilah kita senantiasa memahami dan membiasakan tafakur atas kekuasan Allah agar kita senantiasa bersyukur serta mendapatkan ilmu yang baru.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 1 =

Terpopuler

To Top
%d blogger menyukai ini: