Syiar

Inilah Tata Cara Bertaubat Sebelum Terlambat

Cara bertaubat sebelum terlambat

Kanalislam.com – Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa baik itu dosa kecil ataupun dosa besar. Berbuat zina, membunuh, meminum arak, berjudi, meninggalkan solat itu adalah salah satu contoh dosa besar yang sering dilakukan oleh manusia.

Lalu masih pantaskah manusia yang penuh dengan dosa bertaubat? Apakah Allah mau mengampuni dosa manusia yang begitu banyak? Jawabannya tentu iya, Allah maha pengampun bagi setiap hambanya. Lalu bagaimana cara bertaubat yang benar menurut islam, berikut ini adalah beberapa cara bertaubat siapa taubat di terima oleh Allah.

Berjanji tidak akan mengulanginya lagi
Seseorang yang melakukan taubat ketika ia berniat untuk bertaubat maka ia harus berjanji tidak akan melakukan dosa yang pernah di perbuat kembali.

Menyesali dosa yang pernah di lakukan
Ketika bertaubat yang harus di lakukan adalah menyesali perbuatan dosa yang dahulu pernah di lakukan. Karena ini merupakan suatu niat sungguh-sungguh bahwa anda akan melakukan taubatan nasuha (taubat dengan sungguh-sungguh).

Tidak melakukan terus menerus dosa saat ini
Ketika seseorang sudah memutuskan untuk bertaubat ia harus meninggalkan segala larangan Allah dan ia juga harus melaksanakan perintah Allah. Dan ia pun harus sadar bahwa perbuatan yang dilakukan salah dan merupakan perbuatan dosa.

Bertekat tidak akan melakukan dosa di waktu yang akan datang
Tata cara bertaubat yang selanjutnya adalah bertekat untuk tidak melakukan dosa di waktu yang akan datang. Ketika seseorang bertaubat maka ia harus bertekat untuk tidak melakukan dosa yang pernah ia perbuat. Apapun yang terjadi ia harus menahan agar tidak melakukan dosa tersebut lagi. Lebih baik dengan mendekatkan diri kepada Allah dan tidak mendekati hal-hal yang dapat menjerumuskan ke dalam maksiat.

Bertaubatlah pada saat waktu taubat masih di terima
Maksudnya adalah bertaubatlah sebelum ajal menjemput serta sebelum matahari terbit dari barat. Ketika ajal sudah menjemput seseorang kemudian ia bertaubat maka taubat yang dilakukan hanyalah sia-sia saja. Untuk itu bertaubatlah selagi masih diberi umur panjang, karena seseorang tak akan pernah tahu kapan ajal akan menjemput dirinya.

Melakukan solat taubat
Jika anda benar-benar ingin bertaubat kepada Allah anda harus melakukan tata cara bertaubat di atas. Yakinlah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, bertaubatlah dengan sungguh-sungguh karena seseorang tak akan pernah tahu kapan ajal akan menjemput dirinya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

49 − = 45

Terpopuler

To Top
%d blogger menyukai ini: